Thursday, October 11, 2012

jawaban post test kalorimeter

1.prinsip kerja kalorimeter ialah kalorimeter terdiri atas bejana logam yang jenisnya telah diketahui, dinding penyekat dari isolator yang berfungsi untuk mencegah terjadinya perambatan kalorke lingkungan sekitar, termometer, dan pengaduk. dan bejana logam yang berisi air yang suhu awalnya dapat diketahui dari termometer.dan akan terjadi perubahan suhu dalam waktu tertentu secara periodik. kalorimeter bekerja berdasarkan hukum kekekalan energi dan hukum kekekalan kalor.

2.kalor jenis adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan 1 kg zat sebesar 1 K atau 1 C.

3.kapasitas kalor ialah banyaknya kalor yang dibutuhkan suatu benda untuk menaikkan suhu sebesar 1 K atau 1 C

4.hukum yang digunakan pada kalorimeter ialah yang pertama, hukum kekekalan energi yang menyatakan bahwa energi tidak dapat dimusnahkan dan tidak dapat diciptakan melainkan hanya dapat mengubah bentuk energi ke energi yang lain, yang kedua ialah hukum kekekalan kalor yang menyatakan bahwa pada pencampuran dua zat, banyak kalor yang dilepas pada suhu tinggi sama dengan banyaknya kalor yang diterima pada zat bersuhu rendah atau dapat dinyakan dengan Q lepas sama dengan Q terima, yang ketiga adalah hukum kircoff yang menyatakan bahwa jumlah aljabar dari arus yang menuju/ masuk dengan arus yang meninggalkan/keluar pada satu titik sambungan/cabang sama dengan nol

5. aplikasi prinsip kerja kalorimeter pada kehidupan sehari-hari adalah pada kompor listrik, setrika, teko listrik, dan pemanas nasi dan pada bidang teknik sipil digunakan untuk mengetahui pengaruh suhu terhadap bantuk dan kekuatan dari bahan yang digunakan dalam kontruksi bangunan.

6. Inovasi yang dapat dikembangkan adalah analisis karakteristik dinamik kalorimeter gamma mini. kalorimeter gamma adalah alat ukur panas radiasi gamma di teras reaktor nuklir. Dimensi kalorimeter kovensional pada umumnya cukup besar, sehingga memiliki karakteristik yang tidak menguntungkan untuk diaplikasikan pada teras reaktor daya tinggi misalnya PLTN. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan inovasi terhadap jenis kalorimeter yang telah ada.Inovasi yang diusulkan diantaranya adalah merancang kalorimeter tanpa bahan penyerap,sehingga diperoleh kalorimeter yang berukuran kecil (mini).

Foto Percobaan


Share: